JAKET JONJING

 “Jonjing!! Jonjing!!” gertak Ibu di depanku.

“Hah?” tanyaku bingung sambil mengancingkan jaket dan bersiap pergi. Kemudian Ibu memintaku melihat kembali susunan pasangan kancing dengan bolongan jaket yang ku kenakan. Benar saja ternyata kancing dan bolongan tidak sesuai.


Begitulah Ibu, selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Sebelum anaknya malu atau dicibir orang, Ibu akan mengingatkan dengan berbagai cara. Ibu tak pernah ingin melihat ada yang kurang pas terjadi pada anaknya. 

Entah dalam hal pakaian, makanan, pendidikan, pekerjaan atau hal lainnya. Meski demikian, aku dan Ibu juga tak jarang saling salah paham. Kadangkala Ibu hanya ingin anaknya mendapatkan hal yang terbaik, namun seringnya, si anak yang menginginkan kebebasan.


Jangankan Ibu. Bersama pasangan atau orang yang paling kita rasa klop saja, sering terjadi salah paham. Karenanya mungkin bukan perkara perbedaan harapan Ibu dan anak, tetapi terkait masih sama-sama manusia.

Entah mana yang terbaik atau lebih buruk, tetapi bisa dikembalikan dengan darimana sudut kamu memandang. Mungkin intinya, tulisan ini ingin menyampaikan, biasanya Ibu hanya ingin berharap yang terbaik untuk putra-putrinya.


Surakarta, 13 April 2023

-am


Komentar